ANALISIS KORELASI DAN PENGARUH STRES AKADEMIK TERHADAP PERILAKU KECURANGAN MAHASISWA DI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.55334/sostek.v3i2.205Keywords:
Stres akademik, Perilaku kecurangan, MahasiswaAbstract
Perguruan tinggi merupakan tempat di mana para mahasiswa dapat berkontribusi dalam upaya memajukan pembangunan ekonomi, sosial, budaya, dan teknologi. Perguruan tinggi bukan hanya mencetak lulusan yang memiliki pengetahuan, tetapi juga menciptakan individu yang kompetitif dan berdaya saing di masyarakat. Persaingan tersebut berdampak pada tekanan akademik yang menyebabkan terjadinya praktik atau perilaku kecurangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara stres akademik dan perilaku kecurangan. Data dikumpulkan melalui survei kepada 70 mahasiswa dari berbagai universitas di Surabaya, menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang dianalisis menggunakan Overall Mean Score (OMS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden mengalami stres akademik tinggi yang secara signifikan berkontribusi terhadap perilaku kecurangan. Faktor utama yang mendorong kecurangan meliputi ketakutan akan kegagalan, kesulitan dalam mata kuliah, tekanan untuk mempertahankan IPK tinggi, serta banyaknya tugas dan ujian dengan tenggat waktu yang ketat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa stres akademik memiliki korelasi positif dengan perilaku kecurangan mahasiswa. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah dengan melakukan studi kualitatif secara mendalam dengan menggunakan metode penelitian kualitatif seperti wawancara mendalam atau focus group discussion untuk mengeksplorasi secara lebih mendalam faktor-faktor yang mendorong perilaku curang dan bagaimana mahasiswa memandang tindakan mereka.
References
Albrecht, W.S. 2003. Fraud Examination. Thomson South-Western. USA.
Becker, J. Coonoly, Paula L, and J. Morrison. 2006. ‘Using the Business Fraud Triangle to Predict Academic Dishonesty Among Business Students”. Academy of Educational Lead.
Bolin, A.U. 2004. “Self-Control, Perceived Opportunity, and Attitudes as Predictors of Academic Dishonesty”. The Journal of Psychology.138(2). hal 101–114.
Fontanella, A., Sukartini, S., Chandra, N., & Sriyunianti, F. (2020). Kecurangan Akademis Mahasiswa: Kenapa Terjadi Dan Apa Yang Harus Dilakukan?. Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 12(1), 155-164.
J. Smith & K. Johnson. (2018). "The Effects of Exercise on Mental Health in College Students: A Randomized Controlled Trial." Journal of Applied Psychology, 25(2), 123-135.
Kim, C., & J. Kim, D. (2017, 12). Uncovering the value stream of digital content business from users’ viewpoint. International Journal of Information Management, 37(6), 553-565. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2017.05.004
King, L,. A. (2017). Psikologi umum. Jakarta: Salemba Humanika.
Kurnia, W. 2008. Mendeteksi Kecurangan Mahasiswa pada saat ujian. Skripsi tidak diterbitkan. Malang : Universitas Brawijaya.
Kuswibowo, C., & Windiani, R. (2020). Analisis persepsi konsumen atas kualitas pelayanan pada layanan express di pt pos indonesia (persero) cabang cimahi. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Industri dan Rantai Pasok, 1.
Letare, Y. N., & Kusuma, S. (2022). Pengaruh perilaku menyimpang pengguna tinder terhadap citra aplikasi kencan tinder. Jurnal InterAct, 11(1). https://doi.org/10.25170/interact.v11i1. 3313
Listiani, N. M. (2014). Pengaruh kreativitas dan motivasi terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif pemasaran pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 2(2), 263-275. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p2 63-275
Maharani, I., Nabila, N. S., Wibowo, N. K., Immanuella, G. M., & Rakhmawati, N.
A. (2024). Analisis Penelitian Penyimpangan Penggunaan Dating APPS di Surabaya. Jurnal Sosial dan Teknologi Terapan AMATA, 3(1),
Miranda, C. A., Uyun, M., Islam, P., & Psikologi, F. (2023). Impact academic pressure and academic ability against academic cheating dampak tekanan akademik dan kemampuan akademik terhadap kecurangan akademik. Psikoborneo, 11(1), 117-123.22-29.
Muharrifah, A. 2009. Interaksi antara Remaja, Ayah, dan Sekolah Serta Hubungannya dengan Tingkat Stres dalam Menghadapi Ujian Nasional(Doctoral dissertation).
Nabila, N. S., Wibowo, N. K., Maharani, I., Immanuella, G. M., & Rakhmawati, N.
A. (2024, 03 11). Analisis penelitian penyimpangan penggunaan dating apps di surabaya. Jurnal Sosial dan Teknologi Terapan AMATA, 03(01), 22-29. https://doi.org/10.55334/sostek.v3i1.1 66
Naghdipour, Bakhtiar & Emeagwali, Okechukwu. (2013). Students' Justifications for Academic Dishonesty: Call for Action. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 83. 261-265.
1016/j.sbspro.2013.06.051.
Rahmawati, D. D. (2012). Pengaruh self efficacy terhadap stres akademik pada siswa kelas 1 rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) di SMP Negeri 1 Medan. Jurnal Psikologi Universitas Semarang.
Rizki, S. A. 2009. “Hubungan Prokrastinasi Akademis dan Kecurangan Akademis pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara”. Jurnal USU, (Online), Vol. 4, No. 2, (http://www.Jurnal.usu.ac.id/index.php
/USU/search/, diakses September 2014).
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Taufik, T., Ifdil, I., & Ardi, Z. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2), 143-150.
Thursan, H. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swasta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.