Studi Daya Dukung Tanah Berdasarkan Data Cone Penetration Test Pada Perencanaan Gedung Sekolah SMA Negeri 7 Kabupaten Mimika Propinsi Papua Tengah

Authors

  • Benny Pasambuna Program Studi Teknik Sipil Politeknik Amamapare Timika

DOI:

https://doi.org/10.55334/pakem_amata.v3i2.186

Keywords:

Daya Dukung Tanah, Tanah, Pondasi

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui daya dukung tanah pada lokasi pembangunan SMA Negeri 7 Timika , Kabupaten Mimika Propinsi Papua Tengah dan memberikan rekomendasi pondasi yang akan digunakan untuk perencanaan gedung sekolah SMA Negeri 7 Timika. Alat yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu menggunakan alat sondir/Cone Penetration Test manual dengan kapasitas 2,5 ton, dari hasil penyelidikan kemudian pengolahan menggunakan beberapa persamaan untuk mendapatkan daya dukung tanah sesuai data lapangan, hasil penyelidikan ST01 dengan kedalaman 2 meter nilai Qc =187 dan Fr = 0,14 dengan karekteristik tanah yaitu Pasir nilai daya dukung tanah 10.213,4 kg/cm2  ≈ 100 ton, hasil ST02 dengan kedalaman 2 meter nilai Qc =163 dan Fr = 0,41 dengan karekteristik tanah yaitu Pasir nilai daya dukung tanah 14.797,4 kg/cm2  ≈ 145 ton.Pondasi dalam Type pondasi poer karena kedalaman tanah kurang dar 3 meter dan sesuai dengan kondisi lapangan.

References

REFERENSI

Amrullah, M. 2008. Pengertian Dan Sifat –

Johnson, M. (2017). "Integrating Local Art and Culture into

Ministry of Education and Culture. (2018). "Cultural Integration in Educational Practices: Guidelines for Schools." Jakarta: Ministry of Education and Culture.

Smith, A. (2019). "The Impact of Cultural Artifacts in Education: Lessons from the Ganesa Batuan Initiative." International Journal of Cultural Studies, 25(4), 521-538.

Downloads

Published

29-12-2023

How to Cite

Pasambuna, B. (2023). Studi Daya Dukung Tanah Berdasarkan Data Cone Penetration Test Pada Perencanaan Gedung Sekolah SMA Negeri 7 Kabupaten Mimika Propinsi Papua Tengah. Jurnal PAKEM AMATA, 3(2), 23–27. https://doi.org/10.55334/pakem_amata.v3i2.186

Issue

Section

Articles