Susur dan Bersih-Bersih Sungai Acai Kota Jayapura

Authors

  • Irianto Program Magister Rekayasa Teknik Sipil Universitas Yapis Papua
  • Asep Huddiankuwera Program Magister Rekayasa Teknik Sipil Universitas Yapis Papua
  • Sigit Riswanto Program Studi Teknik Sipil Universitas Yapis Papua
  • Moh Fausi Program Studi Teknik Sipil Universitas Yapis Papua

DOI:

https://doi.org/10.55334/pakem_amata.v3i2.182

Keywords:

sungai, pencemaran, sampah dan kehidupan

Abstract

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Nasional,menyatakan bahwa sekitar 46% sungai yang ada di Indonesia termasuk dalam kondisi tercemar berat,. 32% lainnya termasuk dalam keadaan tercemar sedang Berat, 14% termasuk termasuk dalam tercemar sedang, dan 8% sisahnya masuk dalam kategori tercemar ringan. Berdasarkan uraian tersebut Balai Wilayah sungai Provinsi Papua Bekerja Sama dengan beberapa perguruan tinggi di Kota Jayapura menggelar kegiatan PKM dalam bentuk kegiatan Susur dan bersih bersih sungai  dalam rangka Hari Sungai Nasional yang mengambil lokasi di Sungai Acai yang berada ditengah kota Jayapura dengan mengusun tema Sungai Bersih untuk Kehidupan dan Alam, Dari Hasil kegiatan PKM ini berhasil diangkut sampai sebanyak 3,2 ton sampai dari dalam sungai Acai sampah ini jika dibiarkan akan mengalir ke Laut dan akan menambah sampah yang dibuang ke laut, kegiatan ini juga merupakan bentuk edukasi ke masyarakat agar tetap menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah ke dalam sungai sekaligus bentuk implementasi Perpres 83/2018 tentang Penanganan Sampah Laut.

References

Kumala, E., Supriyandono, E. D., Sholahuddin, M. I., Bimayudha, A., Mijselea, A. S., Nadhifah, L., ... & Fauziyah, H. Strategi Menciptakan Kebersihan Lingkungan Melalui Aksi Bersih Sungai Di Desa Banjaran. In Prosiding Seminar Nasional Membangun Desa-UNS (Vol. 2, No. 2).

Lubis, R., Fianto, H. T., Evita, F., Lase, D., & Agustina, I. (2022). Mengedukasikan Masyarakat Sekitar Sungai Deli Medan Mengenai Dampak Sungai Yang Tidak Bersih. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 55-65.

Nurdin, M. F. Partisipasi Masyarakat Pada Program Bersih-Bersih Sungai Sekretariat Bersama Jeletreng Kelurahan Setu Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Penny, L., Bijaksana, U., Yunita, R., & Itta, D. (2012). Kajian perilaku masyarakat membuang sampah di bantaran sungai martapura terhadap lingkungan perairan. EnviroScienteae, 8(3), 117-126.

Putro, J. D. (2011). Penataan Kawasan Kumuh Pinggiran Sungai di Kecamatan Sungai Raya. Jurnal TEKNIK-SIPIL, 11(1).

Rahmayanti, R., Safwan, S., Hadijah, S., Erlinawati, E., Darmawati, D., Fitriana, F., ... & Nazir, N. (2022). Peduli kebersihan lingkungan melalui kegiatan bersih-bersih bantaran sungai Krueng Aceh di Gampong Lampulo Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh. Jurnal PADE: Pengabdian & Edukasi, 4(1), 22-27.

Downloads

Published

2023-12-24

How to Cite

Irianto, Huddiankuwera, A., Riswanto, S., & Fausi, M. (2023). Susur dan Bersih-Bersih Sungai Acai Kota Jayapura. Jurnal PAKEM AMATA, 3(2), 10–13. https://doi.org/10.55334/pakem_amata.v3i2.182

Issue

Section

Articles