Pemetaan Area dan Interpretaasi Beda Tinggi Menggunakan UAV/Drone Di Smk Energi dan Pertambangan Amamapare Distrik Wania Kabupaten Mimika Tahun 2023

Authors

  • Abd Rahim Program Studi Teknik Pertambangan Politeknik Amamapare Timika

DOI:

https://doi.org/10.55334/pakem_amata.v3i2.181

Keywords:

Pemetaan, UAV, Drone

Abstract

Pemetaan adalah salah satu aspek penting dalam melihat kondisi secara visual langsung melalui peta yang dihasilkan. Smk Energi dan pertambangan Amamapare adalah salah satu sekolah kejuruan yang terletak di distrik mimika Timur dana menjadi salah satu sekolah yang memiliki jurusan geologi pertambangan. Pelaksanaan pemetaan di SMK Energi dan Pertambangan Amamapare adalah salah satu kegiatan pemetaan dengan menggunakan metode sistem UAV dengan alat Drone, pelaksanaan pemetaan secara langsung dilapangan. Data yang didapatkan pada kegiatah ini adalah berupa foto udara setiap section dan hasil interpretasi beda tinggi area sekolah dengan Drone DJI Mavic didukung dengan aplikasi DJI go 4 dan Pix4D Capture Data berupa foto yang dihasilkan kemudian akan diolah menggunakan aplikasi pemetaan yaitu Pix4D Mapper. Hasil interpretasi bahwa daerah Sekolah yaitu 2 hektar ada beberapa wilayah yang masih perlu di kembangkan dalam tata guna lahan untuk pemanfaatan lahan. Keadaan ini untuk mendukung pemanfaaan wilayah yang berlum dimanfaatkan.

References

Africa, S., Gyamfi-ampadu, E., Gebreslasie, M., & Mendoza-ponce, A. (2020). 5HPRWH 6HQVLQJ $SSOLFDWLRQV 6RFLHW and Environment Mapping natural forest cover using satellite imagery of Nkandla forest. Remote Sensing Applications: Society and Environment, 18(March), 100302.

https://doi.org/10.1016/j.rsase.2020.100 302 Ahmad, Anuar. 2011. Digital Mapping Using Low Altitude UAV. Malaysia: Jurnal Pertanika J. Sci. & Technol. Vol. 19, 51 ± 58.

Downloads

Published

24-12-2023

How to Cite

Rahim, A. (2023). Pemetaan Area dan Interpretaasi Beda Tinggi Menggunakan UAV/Drone Di Smk Energi dan Pertambangan Amamapare Distrik Wania Kabupaten Mimika Tahun 2023. Jurnal PAKEM AMATA, 3(2), 1–9. https://doi.org/10.55334/pakem_amata.v3i2.181

Issue

Section

Articles