KAJIAN PENAMBANGAN PASIR BESI MENGGUNAKAN MAGNETIC SEPARATOR PADA PT. BHINEKA BUMI KECAMATAN ADIPALA KABUPATEN CILACAP PROVINSI JAWA TENGAH

  • Abd. Rahim Politeknik Amamapare Timika
Keywords: Pasir besi, Magnetic, Separator

Abstract

Pasir besi merupakan salah satu bahan baku untuk semen selain gamping dam clay. Dalam upaya memenuhi kebutuhan semen baik yang berada di Pulau Jawa maupun di luar Pulau Jawa, PT. Bhineka Bumi berupaya mengeksploitasi cadangan pasir besi yang banyak terdapat di wilayah Kabupaten Cilacap. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui tahapan penambangan, mengetahui cara kerja alat untuk mengeksploitasi pasir besi serta mengetahui target produksi pasir besi dari alat magnetic separator. Metode penelitian ini yaitu studi literatur untuk mengetahui keadaan atau gambaran umum dilapangan, interview ke managemen teknik produksi agar mengetahui proses kegiatan dilapangan, observasi langsung untuk mengkorelasikan data metode penambangan dengan studi literature. Target produksi dari PT. Bhineka Bumi sendiri adalah 8.000-9.000 Ton/Bulannya. Dari hasil produksi perbulannya PT. Bhineka Bumi dapat menghasilkan 7.000-7.500 Perton konsentrat pasir besi, yang mana hasil produksi pasir besii PT. Bhineka Bumi disalurkan pada PT. Holcil Indonesia sebagai campuran semen.

References

Afdal & Niarti, L. 2013, Karakteristik Sifat Magnetit Dan Kandungan Mineral Pasir Besi Sungai Batang Kuranji Padang Sumatra Barat, Pp 24-30.

Jumaida, J,. Wahyu, W & Makhtar, 2013,.Pengaruh Suhu Sintering Terhadap Struktur Dan Sifat Magnetit Material Mn- Zn Ferit, Jateng & DIY, Yogyakarta. ISSN.

Nurhidayatullah, 2016,. Karakteristik Material Pasir Dengan Menggunakan X-RAY DIFFRACTION (XRD) Dipantai Marina Kab. Bantaeng. UIN Alaudin Makassar.

Rochman, Dkk, 2012,.”Review Pengembangan Teknologi Pengolahan Sumber Daya Pasir Besi Menjadi Produk Besi/Baja, Pigmen, Bahan Kramik, Magnet Dalam Mendukung Industri Nasional”.Prosiding Insinas.

Kepmen No: 555.K/26M.PE/1995, “Direktur Jendral Pertambangan Umum”

Sukandarrumidi. 2014. “Geologi Umum”. Yogyakarta, Gadjah Mada University Press.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 “Tentang Perlindungan Dan Pengolahan Lingkungan Hidup.

Published
2020-03-31
How to Cite
Abd. Rahim. (2020). KAJIAN PENAMBANGAN PASIR BESI MENGGUNAKAN MAGNETIC SEPARATOR PADA PT. BHINEKA BUMI KECAMATAN ADIPALA KABUPATEN CILACAP PROVINSI JAWA TENGAH. Jurnal Teknik AMATA, 1(1), 1-4. Retrieved from https://ojs.pat.ac.id/index.php/Amata_amamapare/article/view/Abd.%20Rahim%20Politeknik%20Amamapare
Section
Articles