ANALISIS PERCEPATAN WAKTU DENGAN METODE FAST TRACK PEKERJAAN PEMBANGUNAN PROYEK (Studi Kasus : OFFICE X SURABAYA)
DOI:
https://doi.org/10.55334/jtam.v5i2.337Keywords:
Percepatan, Waktu, Fast TrackAbstract
Industri konstruksi merupakan salah satu sektor vital dalam perekonomian suatu negara. Perkembangan industri ini tidak hanya berkaitan dengan pembangunan infrastruktur. Salah satu proyek yang sedang dilaksanakan adalah pembangunan Office X Surabaya, yang terletak di Jalan Jembatan Merah No. 38- 40, Surabaya. Proyek ini memiliki 10 lantai dengan total durasi pekerjaan selama 294 hari dan luas bangunan 555,8 m² pada lantai 1. Namun, proyek ini mengalami kendala keterlambatan pada beberapa item pekerjaan, seperti pemasangan lantai dan pemasangan pintu serta jendela di Lantai L dan Lantai 3. Penyebab keterlambatan meliputi keterlambatan material, perubahan gambar kerja yang sering terjadi, serta manajemen tenaga kerja (manpower) yang tidak sesuai dengan target. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, metode Fast Track dinilai sebagai solusi. Metode ini memungkinkan percepatan pembangunan dengan pelaksanaan aktivitas secara paralel atau tumpang tindih, sehingga waktu pelaksanaan menjadi lebih singkat dan biaya lebih efisien. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai efektivitas metode Fast Track dalam mempercepat pelaksanaan proyek konstruksi.
References
Idris, R., & Lestari, E. (2017). Pengaruh Pengorganisasian Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sd Inpres Bangkala Ii Kota Makassar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(1), 18–30. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n1a2
Khanafi, I., Salafuddin, S., Abidin, M. Y., & Khamidi, A. N. (2013). Persepsi dan Transformasi Visi dan Misi Pada Civitas Akademika Stain Pekalongan. Jurnal Penelitian, 6(2).
https://doi.org/10.28918/jupe.v6i2.229 Pratiwi, Y. E., & Sunarso, S. (2018).
Peranan Musyawarah Mufakat (Bubalah) Dalam Membentuk Iklim Akademik Positif di Prodi PPKn FKIP Unila. Sosiohumaniora, 20(3), 199.
https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i 3.16254
Sudarmanto. (2018). Peranan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Visi Dan Misi Sekolah Menjadi Sebuah Aksi. Retrieved April 15, 2020, from https://cahaya- begawan.blogspot.com/2017/04/peranan- kepala-sekolah-dalam-mewujudkan.html
Wahyudin, W. (2018). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2),
–265.
https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932 Wulandari, R. Y. (2016). Implementasi
supervisi manajerial pengawas sekolah dalam meningkatkan kompetensi pengelola perpustakaan. Manajer Pendidikan, 10(2).
Yusutria, Y. (2018). Analisis Mutu Lembaga Pendidikan Berdasarkan Fungsi Manajemen di Pondok Pesantren Thawalib Padang Sumatera Barat. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 61–68. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i2.3833
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik AMATA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.