ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN FASILITAS GEDUNG A UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LAMONGAN DENGAN METODE IPA
DOI:
https://doi.org/10.55334/jtam.v5i2.335Keywords:
Kepuasan pengguna, Pemeliharaan dan perawatan bangunan, Importance Performance Analysis (IPA)Abstract
Pembangunan gedung bertingkat di Indonesia terus meningkat, menjadikan kepuasan pengguna indikator penting dalam menilai kinerja bangunan. Di sektor pendidikan, kepuasan pengguna berpengaruh besar pada produktivitas dan hubungan sosial. Penelitian ini mengevaluasi kepuasan pengguna Gedung A Universitas Muhammadiyah Lamongan untuk mengidentifikasi area perbaikan, mengoptimalkan alokasi sumber daya, dan meminimalkan biaya perawatan. Penelitian ini menggunakan data primer diperoleh melalui observasi lapangan dan kuisioner kepada 100 responden civitas akademika melalui Google Form, dengan uji validitas dan reliabilitas pada instrumen. Data diolah menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil menunjukkan rata-rata tingkat kesesuaian (TKi) sebesar 82,26%, dengan atribut plafon sebagai prioritas utama 77,78%.
References
Adikusuma, iC. iW., iAnik iRatnaningsih, i& iSoetjipto, iJ. iW. i(2023). iAnalisis iIndeks iKepuasan iPengguna iTerhadap iManajemen iPemeliharaan iBangunan iGedung. iJournal iOf iApplied iCivil iEngineering iAnd iInfrastructure iTechnology, i4(2), i42–46. iHttps://Doi.Org/10.52158/Jaceit.V4i2.574
Agusti, iR. iI. i(2022). iAnalisis iPemeliharaan iDan iPerawatan i- iRivi iIrna iAgusti.
Anggraini, iF. iD. iP., iAprianti, iA., iSetyawati, iV. iA. iV., i& iHartanto, iA. iA. i(2022). iPembelajaran iStatistika iMenggunakan iSoftware iSpss iUntuk iUji iValiditas iDan iReliabilitas. iJurnal iBasicedu, i6(4), i6491–6504. iHttps://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3206
Azizi iHakim, iM., iDarmawan iPontan, iI., iTrisakti, iU., i& iBarat, iJ. i(2022). iPeningkatan iTeknologi iDan iKultur iDalam iPeningkatan iKualitas iHidup iDan iPeradaban.
Immanuel, iG. iA., i& iSetiawan, iR. i(2020). iImplementasi iMetode iImportance iPerformance iAnalysis iUntuk iPengukuran iKualitas iSistem iInformasi iAkademik. iKurawal-Jurnal iTeknologi, iInformasi iDan iIndustri, i3(2), i181–190.
Lazuardita, iS., iWisman, iM., i& iFadilasari, iD. i(2024). iAnalisis iKualitas iPelayanan iGedung iParkir iPemerintah iKota iBandar iLampung iTerhadap iTingkat iKepuasan iPengguna iLayanan iDengan iMetode iImportance iPerformance iAnalisys i(Ipa). iJurnal iRekayasa, iTeknologi, iDan iSains, i8(1), i47–53.
Misriani, iM., iHidayati, iR., iBungsu iFauziah iAkmal, iP., iTeknik iSipil iPoliteknik iNegeri iPadang, iJ., i& iLimau iManis iKota iPadang, iK. i(N.D.). iPerancangan iManajemen iPemeliharaan iGedung iDekanat iFakultas iKedokteran iUniversitas iAndalas. iIn iJurnal iFondasi i(Vol. i9).
Ngatu iDionesia, iD. iF. iM. i(2021). iPengaruh iHarga iDan iKualitas iPelayanan iTerhadap iKepuasan iKonsumen i- iNgatu.
Nita iSuryani iSimbolon, iL. i(2021). iPerformance iEvaluation iOf iMinistry iOf iPublic iWorks iAnd iHuman iSettlements iBuilding. iIn iJurnal iManajemen iAset iInfrastruktur i& iFasilitas i(Vol. i5, iIssue i2).
Purnomo, iW., i& iRiandadari, iD. i(2015). iAnalisa iKepuasan iPelanggan iTerhadap iBengkel iDengan iMetode iIpa i(Importance iPerformance iAnalysis) iDi iPt. iArina iParama iJaya iGresik. iJ. iTek. iMesin, i3(3), i54–63.
Retnawati, iL. i(2018). iAnalisis iKepuasan iPengguna iTerhadap iKualitas iLayanan iSistem iInformasi iDi iUniversitas iXyz. iScan: iJurnal iTeknologi iInformasi iDan iKomunikasi, i13(2), i1–6.
Risanji, iM. iA., i& iRaflis. i(2018). iAnalisis iFaktor iPemeliharaan iBangunan i- iMohammad iAnantya iRisanji, iRaflis.
Sahala iMarulak, iP., iDjatmika, iB., iRekayasa iDan iPemeliharaan iBangunan iSipil, iT., iVokasi, iF., i& iNegeri iMalang, iU. i(2024). iEvaluasi iKepuasan iPengguna iTerhadap iPemeliharaan iDan iPerawatan iBangunan iGedung iSma iKatolik iFrateran iMalang i(Vol. i14).
Saputra, iR. iW., i& iPontan, iD. i(2021). iEvaluasi iTingkat iKepuasan iPengguna iBangunan iBersejarah iDikota iBogor iEvaluation iOf iUser iSatisfaction iLevel iOf iHistorical iBuildings iIn iBogor iCity.
Wijasena, iR. iA., i& iPontan, iD. i(2023). iIdentifikasi iPengaruh iKondisi iBangunan iHotel iTerhadap iKepuasan iPengguna iBangunan iHotel iDi iTangerang iIdentification iOf iThe iInfluence iOf iHotel iBuilding iConditions iOn iUser iSatisfaction iOf iHotel iBuildings iIn iTangerang. iHttps://Doi.Org/10.25105/Jrltb.V1i2.16316
Yunita, iA. i(2023). iJurnal iRivet i(Riset iDan iInvensi iTeknologi) iAnalisis iEvaluasi iKepuasan iPengguna iTerhadap iPemeliharaan iDan iPerawatan iBangunan iGedung iKampus iProklamator iI. iIn iUniversitas iDharma iAndalas i(Vol. i3, iIssue i01).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik AMATA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.