Studi Kandungan Mineral Di Daerah Sedimentasi Muara Sungai Amamapare (Pasir Hitam) Menggunakan Metode X-Ray Diffraction (XRD)

  • Nilam Sry Putri Politeknik Amamapare Timika
  • Dorency Batloloni Politeknik Amamapare Timika
Keywords: Sedimen, Mineral, XRD, Geokimia

Abstract

Perairan laut merupakan perairan yang didalamnya terkandung berbagai macam sumber daya alam dan sebagai sarana tarnsportasi yang semuanya dsssapat dimanfaatkan untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Ekosistem perairan laut, selat dan pantai merupakan ekosistem yang khas dimana kondisi fisik, kimia dan biologi mudah dipengaruhi oleh aktivitas manusia disekitar perairan atau pantai. Aktivitas tersebut jelas berefek pada kondisi biota laut dan makhluk aquatic lainnya. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pada lokasi penelitian di daerah Muara Pasir Hitam, kabupaten Mimika Timur Jauh dengan menggunakan metode XRD memberikan informasi dan hasil keterdapatan mineral pada setiap lokasi pengambilan sampel yang berjumlah 7 mineral  yaitu ; Mineral kuarsa, kalsit, klorit, sanidin (K-felsdpar), phlogophite, spinel, Magnetite pada setiap station lokasi pengambilan sampel. Presentase mineral yang terdapat pada lokasi penelitian pada masing- masing station pengambilan titik sampel berjumlah 7 mineral dangan komposisi kimianya sebagai berikut : Quartz presentasenya(34,6%), Komposisi Kimia (SiO2) (silikon dioksida), kalsit presentasenya (15,7%), komposisi Kimia (CaCO3), klorit Presentasenya(7,7%), Komposisis Kimia (CI02), phologophite Presentasenya (9,9%) Komposisi Kimia  KMg2AI2Si3O10( F,OH) 2, Magnetite presentasennya(1,8%) Komposisi Kimia(Fe3O4). 

Published
2022-09-05
How to Cite
Putri, N. S., & Batloloni, D. (2022). Studi Kandungan Mineral Di Daerah Sedimentasi Muara Sungai Amamapare (Pasir Hitam) Menggunakan Metode X-Ray Diffraction (XRD). Jurnal Teknik AMATA, 3(1), 37-43. https://doi.org/10.55334/jtam.v3i1.288
Section
Articles